Blogger Widgets YESTERDAY

Search This Blog

Friday 7 December 2012


Topografi sebagai gambaran relief muka bumi
Dibuatnya makalah ini untuk
memenuhi tugas geografi semester 1




 





DISUSUN OLEH :
IWAN NUARI PRASETYO

                           TUGAS GEOGGRAFI PANINGGAAN, 6 Desember 2012








BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil dalam bidang datar , sebagai kenampakannya dari atas udara yang dilengkapi skala , mata angin dan symbol-simbol . Dengan kata lain peta merupakam gambaran permukaan bumi yang di perkecil dengan skala . Agar mudah dipahami oleh pembaca maka peta diberi tulisan dan simbol-simbol .
Dalam pembuatan peta juga memperhitungkan berbagai syarat. Syarat-syart tersebut adalah jarak antara titik yang di gambarkan sesuai dengan jarak antara titik yang lain digambarkan sesuai dengan jarak aslinya di permukaan bumi , luas suatu unsure yang digambarkan di atas peta harus sesuai dengan luas sebenarnya , sudut dan arah suatu garis yang digambarkan di atas peta harus sesuai dengan luas sebenarnya , serta bentuk suatu unsur yang digambarkan dipeta harus sesuai dengan bentuk yang sebenarnya .
  Menurut klasifikasinya , penggambaran peta berdasarkan isinya dibagi menjadi 2 , yaitu peta umum dan peta khusus  . peta umum dijabarkan lagi menjadi 2 peta , yaitu peta topografi dan peta chorografi. Dalam kaitannya hal tersebut peta berfungsi sebagai penyimpan informasi , menunjukan posisi, mendiskripsikan bentuk atau lokasi pada permukaan bumi , dan lain sebagainya
Berdasarkan kajian tersebut , penulis akan membahas tentang peta . Memusatkan pembahasan tentang hal-hal yang menyangkut peta topografi .



2.      Rumusan Masalah

Untuk membantu agar pembahasan nati lebih terarah, penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari topografi?
2.      Apa sajakah ketentuan dari peta topografi?
3.      Apa sajakah klarifikasi peta topografi?
4.      Apa manfaat peta topografi?


3.      Tujuan
Penulis menyusun makalah ini debgan tujuan.
Ø  Menratahui deskripsi dari peta topografi.
Ø Menganalisis garis yang menghubungkan tempat- tempat pada peta.
Ø Menjelaskan bentuk relief permukaan Bumi.












                                                          BAB 2
                                          PEMBAHASAN

          Peta topografi emrupajan salah satu peta umum, peta topografi  yaitu peta yang menggambarkan bentuk relief (tinggi rendahnya) permukaan bumi. Di dalam peta topografi digunakan garis kontur (counter line) yaitu garis yang menghubungkan tempat- tempat pada peta topografi. Secara historis peta topografi sebagian besar di dorong oleh kebutuhan militer saat ini, operasi taktis dan kegiatan tentara sedemikian komplek, sehingga penting bagi para prajurit untuk dapat bergerak cepat dan efektif di medan perang.
            Dalam pembuatan sebuah peta topografi harus melihat ketentuan- ketentuan sebagai berikut:
a)     Makin rapat jarak kontur yang satu dengan yang lainmenunjukkan daerah tersebut semakin curam, sebaliknya semakin jarak konturnya menunjukan daerah tersebut makin landai.
b)     Garis kontur yang bertanda bergrigi menunjukan depresi( lubang/ cekungan) dipuncak, misalnya gunung berkawah.
c)      Peta topografi menggunakan skala besar antara 1:50,000 sapai 1:100,000.
d)     Dengan adanya peta topografi kita dapat mengaetahui ketinggian suatu daerah dan dapat memperkirakan tinggi kecuraman atau kemiringan lereng.
Peta topografi dibedakan berdasarkn skala dan jenisnya, dan skala peta topografi di bagi menjadi 3 kategori sebagai berukut:
1.      Kecil.
Peta dengan skala 1:1000,000 dan lebih kecil digunakan untuk perencanaan umum dan untuk studi strategis, peta ini meliputi area sangat besar dengan menggambarkan detail.
2.      Menangah.
Peta dengan skala lebih besar dari 1:1000,000 tetapi lebih kecil dari 1:75,000 di     dunakan untuk perencanaan oprasional. Peta ini mengandung detail dengan jumlah sedang, peta skala standar memiliki skala 1:250,000 ada juga skala 1:1000,000.

3.      Besar.
Peta dengan skala 1:75.000 dan lebih besar di gunakan untuk perencanaan taktis, administrasi dan logistic. Peta jenis ini sering di temukan dan di gunakan pihak militer, peta skala besar standar 1:50.000, namun banyak daerah di petakan dengan skala 1:25.000. Peta topografi di buat untuk memberikan informasi tentang keberadaan lokasi, dan jarak seperti lokasi penduduk, rute perjalanan, dan komunikasi, peta topografi juga menampilkan fariasi daerah, ketinggian kontur dan tingkat ketutupan vegetasi. Dengan kekuatan militer bergantung pada peta untuk memberikan informasi terhadap unsur- unsur  tempur dan untuk menyelesaikan operasi logistic mobilitas tentara dan material yang harus di angkut, disimpan dan di tempatkan kedalam operasi pada waktu dan tempat yang tepat. Banyak dari perencanaan ini harus di lakukan dengan menggunakan peta. Oleh karena itu setiap operasi memerlukan pasokan peta, namun meskipun kita memiliki peta terbaik, peta tidak akan berharga kecuali pengguna peta tau bagaimana cara membacanya.














                                               BAB 3
       PENUTUP

1.      Kesimpulan
Peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk relief muka bumi dan bias digunakan dalam bidang militer tatkala para pendaki juga membutuhkan agar mengetahui jalur dan kemiringan lereng yang akan di laluinya.

2.      Saran.
A.     Sebelum membaca peta sebaiknya pembaca mengerti tentang symbol- symbol, tulisan- tulisan yang tertera pada peta.
B.     Pelajari peta yang mudah di pahami.
C.     Jika belum terlalu paham dalam membaca peta, mintalah bantuan kepada orang yang kebih memahaminya.
D.     Pelajari materi tentang peta agar pengetahuan tentang peta terus bertambah.




No comments:

Post a Comment